Jumat, 10 Agustus 2012


PULAU PAPUA
 PEMILIK
KULIT HITAM, RAMBUTNYA KERITING

Papua sering dikenal orang sekarang negeri burung cendrawasi cin dan bunga angrek, telah menjadi kesepakatan para sejarawan dan Ahli Geografi bahwa Papua di pandang sebagai suatu kelansungan dari benua Australia, yang letaknya sona tropika atas dasar topo grafi alam,tumbuh-tumbuhan dan hewannya.
Pulau Papua ini oleh pemerintah colonial di bagi menjadi dua bagian, dengan menarik suatu garis perbatasan dari utara ke selatan sepanjang lebar pulau. Kedua bagian itu di kenal dengan sebutan New guinea atau Papua bagian barat dan Papua bagian timur.
Sebutan New guinea kepada pulau raksasa ini berasal dari kata nofa guinea yang dalam bahasa spanyol berarti Guinea baru, hal ini di sebabkan karena para pelaut spanyol yang pertama-tama mendarat di pulau Papua pada tahun 1581 melihat adanya kemiripan pantai pulau papua dengan pantai new guinea di sebuah negara di afrika.
Negeri Papua sangat terkenal akan kekayaan alamnya baik mineral, flora,maupun fauna.  Bangsa Papua terdiri dari dua golongan yaitu Papua pantai,dan Papua pegunungan. Pada umumnya Bangsa Papua memiliki satu kultur yang mampu melestarikan kebaradaannya selama berabad-abad yaitu sikap untuk mengatur diri sendiri. Sikap dasar ini selalu tunjukan oleh Bangsa Papua saat berhadapan dengan pihak-pihak lain seperti pemerintah colonial balanda kaum Misionaris, pedagan transmigrasi dan pendatang maupun kepada NKRI.
Sikap dasar yang selalu tunjukan oleh bangsa Papua merupakan sudah mendasar  sejak orang Papua huni diatas pulau Papua dan sejak maha kuasa menciptakan orang papua diatas tanah ini.





                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar